Jasa Pengukuran GPS Geodetic / GNSS

Jasa Pengukuran GPS Geodetic – Anda memerlukan jasa pengukuran gps geodetic? Dewasa ini perkembangan dunia survei dan pemetaan semakin pedan mempermudah kita sebagai pengguna dalam akuisisi data di lapangan. Salah satu perkembangan yang dapat kita rasakan adalah pada metode pengambilan data dilapangan. Dimana sebelumnya metode pengukuran dengan cara konvensional di bidang terestris menggunakan peralatan lama seperti theodolite, waterpass, pita ukur, dsb kini sudah mulai beralih ke peralatan modern yang menggunakan sistem elektronis seperti Total Station, Waterpass Digital, atau yang lebih terbaru dalam dunia terestris adalah pemanfaatan satelit ( untuk menentukan posisi suatu tempat). Salah satu alat yang kita kenal dalam menentukan posisi suatu tempat adalah GPS Geodetic. Penggunaan GPS dapat meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam pengumpulan data di lapangan sehingga dapat mempersingkat waktu pelaksanaan aktivitas tersebut serta dapat menekan biaya operasionalnya. Jasa Pengukuran GPS Geodetic sendiri masuk ke sub bidang jasa survei ekstra terestris, untuk info lebih lanjut mengenai survei ekstra terestris bisa klik disini

Penamaan pengamatan GPS sendiri sebenarnya merupakan akronim dari penamaan yang sebenernya yaitu GNSS, karena GPS adalah salah satu sistem satelit yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Sedangkan dalam praktiknya di lapangan tidak melulu hanya menggunakan satelit dari GPS sendiri melainkan juga memanfaatkan satelit dari GLONASS, Galileo, dsb.

GNSS merupakan suatu sistem satelite yang terdiri atas konstelasi satelit yang menyediakan informasi waktu dan lokasi, memancarkan macam-macam sinyal dalam berbagai frekuensi secara terus menerus yang tersedia di semua lokasi di permukaan bumi. GNSS memungkinkan pengguna mengetahui lokasi tepat mereka dimanapun di seluruh dunia.

Ada beberapa Global Navigation Satellite Systems (GNSS) saat ini dalam pengoperasian yaitu:
• Versi US : Global Positioning System (GPS)
• Versi Rusia : Global Navigation Satellite System (GLONASS).
• Versi Eropa : Galileo
• Versi Tiongkok : Beidou

Dalam aplikasinya di dunia survei dan pemetaan, terutama pengukuranmenggunakan GPS Geodetic memiliki nilai lebih dibandingkan metode menggunakan alat ukur konvensional, diantaranya

  1. Efisensi waktu dan tenaga, penggunaan GPS Geodetic tidak perlu memerlukan tenaga setbanyak jika menggunakan metode konvensional seperti penggunaan Total Station. Selain itu waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat dan jika dengan menggunakan metode tertentu hasil yang didapatkan jauh lebih teliti dibandingkan metode konvensional.
  2. Mudah dipelajari; penggunaan GPS Geodetic sendiri sangat mudah untuk dipelajari bahkan untuk pengguna yang tidak memiliki latar belakang keilmuan Geodesi-Geomatika.
  3. Hasil yang lebih akurat dan cepat; dalam penggunaannya GPS Geodetic memiliki beberapa metode tergantung kebutuhannya. Untuk mendapatkakan koordinat yang teliti (sampai tingkat orde 0) bisa menggunakan metode pengamatan Statik. Sedangkan untuk penggunaan di bidang pengukuran detail dan situasi bisa menggunakan metode Real Time Kinematik.
  4. Tidak tergantung waktu; GPS dapat digunakan baik pada siang hari maupun pada malam hari dalam kondisi cuaca yang buruk seperti hujan dan kabut.

Untuk pemanfaatannya pengamatan GPS Geodetic sendiri dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, diantaranya:

  1. Pengukuran Detail dan Situasi / Topography
  2. Penentuan Volume suatu area/wilayah
  3. Penentuan posisi Titik Kontrol atau Bench Mark, Jasa pengukuran BM (benchmark) dan GCP (ground control point)
  4. dan lain sebagainya

Jasa Kami Yang Lainnya:

  1. Survei Terestris
  2. Survei Ekstra Terestris
  3. Foto Udara/UAV
  4. Pelatihan

 

Tertarik menggunakan jasa pengukuran GPS dari kami? Untuk update informasi harga dan jenis layanan yang bisa Anda dapatkan bisa menghubungi di portal email kami yaitu

admin@jasaukurtanah.com

atau hubungi via telf di

Telkomsel : 0813-4410-4546 (Call/WA/Text)

Indosat : 085-729-578-149 (Call/WA/Text)

WGS-engineering | Jasa Konsultansi Survei dan Pemetaan
Head Office : Perum Griya Binangun Asri No B3, Dayakan, Pengasih, Kulon Progo, D I Yogyakarta
*menerima jasa survey pengukuran dan pemetaan di seluruh wilayah Indonesia

(Visited 2,242 times, 1 visits today)