Field Report Pelatihan UAV untuk Survey dan Pemetaan | Juli 2017

Pelatihan UAV pada edisi bulan Juli 2017 ini merupakan yang kedua kalinya pelatihan dengan tema UAV diselenggarakan oleh WGS-engineering selaku penyedia Jasa Konsultansi Survey dan Pemetaan yang berbasis di Yogyakarta. Pelatihan UAV kali ini merupakan pelatihan dengan sistem public class dan diikuti oleh berbagai peserta dengan berbagai macam kalangan dan latar belakang disiplin ilmu. Pelatihan dengan sistem public class seperti ini diselenggarakan secara periodik pada tiap bulannya dengan tema yang variatif.

Para Peserta Pelatihan – Pelatihan UAV Juli 2017

Pelatihan kali ini mengangkat tema Pemanfaatan Aplikasi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) untuk Survei dan Pemetaan sehingga main concern untuk pelatihan UAV pada edisi bulan Juli 2017 ini dikhususkan bagi para kalangan yang memang kesehariannya bersinggungan dengan survey dan pemetaan. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dan berlangsung pada tanggal 19 sampai dengan 21 Juli 2017 serta berlokasi di Wisma Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA), Komplek Boulevard Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Secara garis besar pelatihan UAV ini terbagi menjadi 3 kategori pembelajaran, yakni Teori dan Konsep Dasar, Akuisisi Data, serta Pemrosesan Data.

Peserta pada pelatihan edisi Juli 2017 ini terdiri dari berbagai macam latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang memang memiliki latar belakang Geodesi, Perkebunan, Remote Sensing, Civil Engineering, bahkan Dosen dari salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta.

  • FIRST DAY

Dengan diberikannya materi dan pemahaman tentang konsep dasar Geodesi dan Survey Pemetaan terlebih dahulu, tidak begitu sulit bagi para peserta yang memang tidak memiliki latar belakang survey mampu meresap materi yang tergolong baru bagi mereka. Pada hari pertama para peserta dibekali dengan berbagai macam teori dan penjelasan mengenai konsep dasar Geodesi dan Survey Pemetaan beserta konsep dasar dari Fotogrametri. Pada hari pertama pelatihan UAV ini juga para peserta diajak berkenalan secara langsung dengan perangkat yang akan mereka gunakan untuk berlatih selama 3 hari kedepan. Sebelum bersentuhan dengan drone yang akan digunakan untuk akuisisi data survey para peserta dibekali dengan simulator sehingga akan sedikit lebih mengerti dan tidak kaku ketika melakukan first impression dengan drone terutama bagi mereka yang memang baru pertama kali mengoperasikannya.

Teori di dalam kelas – Pelatihan UAV Juli 2017

Untuk pelatihan pada hari pertama, materi utama yang ditekankan disini adalah pengenalan terhadap pengukuran dan pemetaan dengan sistem fotogrametri itu sendiri. Mulai dari pengertian Geodesi secara umum, konsep penentuan posisi, sistem koordinat, pengertian peta foto, skala foto, dan lain sebagainya. Untuk praktek lapangan pada hari pertama pelatihan UAV pada edisi Juli 2017 ini  para peserta difokuskan untuk mengenal terlebih dahulu tentang pengukuran dengan fotogrametri secara mendalam. Praktek pada hari pertama ini para peserta diajak untuk menerbangkan drone secara manual dengan materi utama take off dan landing. Dengan menggunakan drone tipe Quadcopter maka tidak begitu sulit tentunya bagi para peserta yang pada mulanya memang belum pernah sama sekali menerbangkan perangkat drone dapat belajar dengan cepat.

  • SECOND DAY

Memasuki pelatihan hari kedua, para peserta yang pada hari pertama pelatihan UAV sudah dibekali dengan konsep dasar dan pengenalan drone mulai diajak untuk mengambil data di lapangan guna keperluan pemetaaan. Lokasi yang digunakan untuk pengambilan data adalah di lapangan Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Praktek pada hari kedua ini menggunakan dua moda yakni manual dan auto pilot. Sedangkan untuk pelatihan di dalam kelas, para peserta diajarkan untuk mengolah data yang baru saja mereka ambil di lapangan. Materi pengolahan data pada hari kedua ini dititik beratkan pada pengolahan awal dengan produk keluarannya adalah Align Photos atau Orthophoto.

Pengenalan Perangkat Quadcopter – Pelatihan UAV Juli 2017

  • THIRD DAY

Pada hari ketiga pelatihan UAV, materi utama yang diberikan adalah pemahaman mendalam terkait dengan pengolahan data dan studi kasus. Pada hari ketiga ini para peserta diajarkan bagaimana caranya membuat Digital Surface Model sampai membuat peta kontur dari data yang mereka akuisisi di lapangan pada hari kedua. Berbagai macam studi kasus juga dikaji sampai pembahasan pada tiap-tiap permasalahan yang dibawa oleh para peserta pelatihan.

Diskusi dan Tanya Jawab – Pelatihan UAV Juli 2017

Pelatihan yang bersifat public class ini bersifat periodik dan bervariasi temanya pada setiap bulan. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan seperti mereka pantau terus update jadwal pelatihan melalui website ini atau melalui fanspage pelatihan kami di link berikut ini Pelatihan Survey dan Pemetaan.

Untuk pelatihan yang bersifat private class dan by request Anda dapat menghubungi kami melalui contact person yang tersedia di website ini.

(Visited 28 times, 1 visits today)