Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quantum GIS Mei 2017

Setelah pada tanggal 25 – 27 April 2016 dan pada 5-7 Desember 2016 yang lalu WGS-engineering mengadakan pelatihan Quantum GIS, kali ini WGS-engineering pada tanggal 15-17 Mei 2017 kembali mengadakan pelatihan serupa. Pelatihan kali ini mengangkat tema “Pemanfaatan Aplikasi Quantum GIS untuk Pengolahan Data Spasial dan Pembuatan Peta Tematik” yang berlokasi di Wisma Keluarga Alumni Gadjah Mada, Komplek Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Pembicara pada pelatihan ini masih sama seperti pelatihan Quantum GIS yang lalu, Retno Astrini, S.T. , yang sekarang juga sedang menyelesaikan studi magister di Teknik Geomatika, Departemen Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Beliau juga merupakan seorang well experienced trainer setelah sebelum tergabung dalam tim WGS-engineering sempat tergabung sebagai seorang staff GIS and GPS Data Management di PT. Indotan, Gold Exploration, Lombok Barat pada 2012 dan juga sebagai seorang Junior Advisor untuk GIS and Data Management di GIZ DecGG pada tahun 2014.

Dalam aplikasinya untuk pengolahan data geospasial perangkat lunak Quantum GIS mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan perangkat lunak komersial SIG diantaranya:

1. Dapat membuka banyak jenis data spasial, Quantum GIS memiliki bahasa pemrogaman yang memungkinkan dia membuka banyak jenis data spasial darisumber manapun. Hal ini tentu saja memudahkan kita ketika ingin membuka data-data yang kurang familiar dan tidak dapat dibuka di perangkat lunak komersial. Selain itu, menghemat waktu kita dalam melakukan konversi jenis data tersebut.

2. Tampilan QGIS simpel dan user friendly; Untuk para pengguna baru atau dalam hal ini kita kategorikan newbie, tampilan muka (interface) memang sangat penting. Kesan pertama agar kita bisa menyukai suatu software adalah salah satunya apakah dapat mudah digunakan dan jelas. QGIS memiliki pilihan ‘add data’ sesuai dengan jenis data yang ingin kita pilih seperti vektor, raster, dll

3. Lisensi dan Open Source; Inilah yang menjadi kekuatan utama dari QGIS. Dengan sifatnya yang open source, QGIS dapat digunaka oleh siapa saja tanpa harus melanggar aturan atau dalam bahasa lainnya kita sebut membajak software tersebut. Untuk penggunaan QGIS sendiri kita cukup men-download dan install. Tidak diperukan ketrampilan untuk hack atau crack seperti yang (mungkin) kita lakukan saat menginstal software yang memiliki lisensi berbayar. Selain itu, kita dapat menggunakan seluruh alat dan plugin yang ada di QGIS secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

4. Remote Sensing Processing Tool yang lebih baik; QGIS memiliki QGIS semi-automatic classification plugin dimana dapat memungkinkan kita mendownload data LandSat dan mengklasifikasikannya dengan cara semi otomatis. Selain itu, Orfeo Toolbox memungkinkan kita untuk mengatur dan melakukan proses yang lebih luas terhadap data tersebut. LASTools sangat cocok dan sesuai digunakan untuk melakukan proses pengolahan data LiDAR dibandingkan LAS Dataset yang ada di ArGIS.

5. GeoCoding dan Alat Data Konversi di QGIS bersifat gratis; Proses GeoCoding adalah memberikan koordinat ataupun nilai X, Y, terhadap nama jalan di peta kita. Di QGIS kita dapat menggunakan 2 plugin untuk melakukan GeoCoding yaitu MMQGIS Plugin dan GeoCode Plugin dan semua plugin itu gratis itu digunakan. Hal ini berbeda dengan proses GeoCoding di perangkat lunak komersial dimana jika kita ingin melakukan GeoCoding kita diharuskan membayar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan ArcGIS online GeoCoding Service. Begitu juga jika kita ingin menggunakan alat konversi geometri di perangkat lunak komersial beberapa alat harus memiliki lisensi tersendiri.

Program Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quantum GIS untuk Pengolah Data Spasial dan Pembuatan Peta Tematik ini diperuntukkan untuk kalangan umum baik untuk swasta, instansi pemerintah, bahkan untuk kalangan civitas akademia yang mana pada pekerjaannya menggunakan aplikasi GIS.

MATERI PELATIHAN

  1. Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis
  2. Pengenalan Quantum GIS
    – Membuat Project di Quantum GIS
    – Pengenalan tampilan muka (interface) dalam perangkat lunak Quantum GIS
    – Pemeriksaan Data Vektor
    – Mengelola Data Atribut
    – Map Symbology
    – Labeling
  3. Georeferensi Data Raster dan Sistem referensi Koordinat
  4. Input dan Editing data spasial
  5. Pemanfaatan Data Spasial di Geoportal Nasional dan Open Street Map
  6. Analisis Data Spasial (Raster dan Vektor)
    – Geoprocessing Data
    – Query
  7. Map Composer
    – Layouting Peta
    – Pembuatan Peta Tematik

FASILITAS PELATIHAN

Selama pelatihan, para peserta akan mendapatkan fasilitas dari WGS-engineering berupa:

  1. Training Kit
  2. Sertifikat pelatihan
  3. T-shirt
  4. Well Experienced Trainer
  5. Modul Pelatihan berupa hardcopy dan softcopy
  6. Software Quantum GIS
  7. Lunch
  8. Coffee break
  9. BONUS TAMBAHAN : Wisata Kuliner Di Kopi Klotok Pakem

Pelatihan akan dilaksanakan pada :

Tanggal : 15 s.d 17 Mei 2017
Pukul : 08.30 s.d Selesai
Tempat : University Club Hotel Universitas Gadjah Mada / Wisma KAGAMA UGM*
*sampai saat ini masih menunggu konfirmasi diantara kedua venue tersebut

INVESTASI / BIAYA PELATIHAN

Untuk mengikuti kegiatan pelatihan kali ini, setiap peserta akan dikenakan biaya sebagai berikut :

  1. Pendaftar Perorangan : Rp 3.000.000 / orang
  2. Pendaftar Kolektif min 3 orang : Rp 2.750.000 / orang
  3. Pendaftar Kolektif min 5 orang : Rp 2.5000.000 / orang

ALUR PENDAFTARAN :

  1. Setiap Calon Peserta diwajibkan membayar Down Payment sebagai tanda keseriusan sebesar Rp 500.000,00 (Lima Ratus Ribu Rupiah) per orang dan dikirimkan ke rekeninng Mandiri 900-00-2851-796-0 a/n Banu Indra Setyawan
  2. Setelah membayar Down Payment ̧ setiap calon peserta diwajibkan melampirkan bukti pembayaran ke alamat email berikut: admin@jasaukurtanah.com atau dengan menghubungi salah satu contact person terlampir
  3. Calon peserta akan diberikan formulir pengisian untuk data diri via email, dan selanjutkan akan dicatat sebagai peserta pelatihan
  4. Pelunasan biaya pelatihan paling lambat pada H-3 pelaksanaan pelatihan

Untuk informasi pendaftraran dapat menghubungi salah satu contact person berikut ini

  1. Dita Febrina;
    0857-5173-6505
    Whatsapp, Text, Call
  2. Banu Indra Setyawan;
    0813-4410-4546 (Whatsapp, Text, Call)
    0857-2957-8149 (Whatsapp, Text, Call)

 

(Visited 605 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *