Pengenalan GNSS serta Aplikasinya – Part 2

Pengenalan GNSS – Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya. Pada artikel ini kita akan berkenalan dengan beberapa segmen yang ada pada saat pengamatan GPS. Jika anda belum membaca bagian pertama dapat mengunjunginya pada link dibawah ini



Seperti bahasan bagian pertama, GNSS merupakan kepanjangan dari Global Navigation Satelite System dimana sistem ini sendiri didesain untuk memberikan informasi posisi dan kecepatan tiga dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa tergantung waktu dan cuaca dan secara simultan. Pada era sekarang ini GNSS sudah sangat banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi terutama aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi ataupun perubahan posisi.

Sedangkan GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System yang mana GPS ini merupakan sistem satelit navigasi dan penentuan posisi dengan nama formal sebenarnya adalah NAVSTAR GPS (Navigation Satellite Timing and Ranging Global Positioning System) yang pada mulanya arsitektur dari sistem GPS disetujui oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1973. Satelit GPS pertama diluncurkan pada tahun 1978 dan secara resmi sistem GPS ini dinyatakan beroperasi pada tahun 1994.

Pada dasarnya sistem GNSS sendiri dibagi menjadi 3 segmen utama, yakni

  1. Segmen Angkasa (Space Segment)
  2. Segmen Sistem Kontrol (Control System Segment)
  3. Segmen Pengguna (User Segment).

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, kali ini kita akan terfokus dulu untuk pengenalan segmen segmen dalam sistem GNSS.

Segmen Angkasa

Segmen angkasa GNSS terdiri dari beberapa satelit GNSS. Satelit ini bisa dianalogikan sebagai stasiun radio luar angkasa yang dilengkapi dengan banyak antena untuk mengirim dan menerima sinyal gelombang. Sinyal-sinyal tersebut kemudian selanjutnya akan diterima oleh receiver di bumi dan digunakan untuk menentukan informasi posisi, kecepatanm waktu, serta parameter-parameter turunan lainnya.

Segmen Sistem Kontrol

Segmen sistem kontrol GNSS berfungsi untuk mengontrol dan memantau operasional semua satelit GNSS dan memastikan bahwasanya semua satelit berfungsi sebagai mana mestinya. Secara lebih spesifik, tugas utama dari Segmen Sistem Kontrol GNSS adalah:

  1. Secara kontinyu memantau dan mengontrol sistem satelit
  2. Menentukan dan menjaga waktu sistem GNSS
  3. Memprediksi ephemeris satelit serta karakteristik jam satelit
  4. Secara periodik meremajakan (updating) pesan navigasi (navigation message) dari setiap satelit, dan yang terakhir,
  5. Melakukan manuver satelit agar tetap berada dalam orbitnya, atau melakukan relokasi untuk menggantikan satelit yang tidak sehat, seandainya diperlukan.

Segmen Pengguna

Segmen pengguna tediri dari para pengguna satelit GNSS baik di darat, laut udara, maupun angkasa. Dalam hal ini, penerima sinyal (receiver) diperlukan untuk menerima dan memproses sinyal dari satelit untuk digunakan dalam penentuan posisi, kecepatan, waktu, maupun parameter turunan lainnya.

Segmen GNSS

Segmen Dalam GNSS

Demikian tadi merupakan sekilas tentang segmen-segmen yang ada pada saat pengamatan atau pengukuran menggunakan GNSS

Adapun dalam pengamatan GNSS sendiri, kita mempunyai beberapa pilihan untuk metode akuisisi data yang pada dasarnya tergantung pada kebutuhannya. Berdasarkan metode dan mekanisme pengaplikasiannya, GNSS sendiri dibagi menjadi beberapa metode diantaranya

  1. Absolute
  2. Differential
  3. Static
  4. Rapid Static
  5. Pseudo-Kinematic
  6. Stop-and-go

Sedangakn berdasarkan aplikasinya, metode penentuan GNSS juga dapat dibagi atas dua kategori utama yaitu survei dan navigasi.

Klasifikasi Metode Penentuan Posisi dengan GPS/GNSS

Klasifikasi Metode Penentuan Posisi dengan GPS/GNSS


Jangan Lupa Baca Juga : 


Demikianlah tadi pengenalan GNSS dan aplikasinya pada bagian kedua ini. Semoga mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, kami akan sangat terbuka mengenai kritik dan saran. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar. Jangan lupa bagikan kepada orang-orang terdekat apabila artikel ini bermanfaat. Jika membutuhkan jasa pengukuran dan pemetaan silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

(Visited 1,125 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *