Tutorial AutoCAD Civil 3D – Mengimport Point dari Data Survey Topografi

Selamat datang kembali di jasaukurtanah.com. Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai AutoCAD Civil 3D secara umum, kali ini kita masuk ke tahapan tutorial atau langkah praktis penggunakan perangkat lunak keluaran AutoDesk ini. Postingan kali ini kita awali dengan tips sederhana dan tidak rumit terlebih dahulu. Bahasan utama pada artikel kali ini adalah bagaimana caranya untuk mengimport point dari data survey.

Baca Juga : Berkenalan dengan AutoCAD Civil 3D

Langkahnya hampir mirip ketika kita menggunakan AutoCAD Land Desktop. Pertama-tama kita tentu saja perlu menyiapkan data pengukuran topografi dengan format yang sesuai dengan format AutoCAD. Bisa dalam bentuk text (*txt) , excel (*xls), comma delimited (*csv) , dan lain sebagainya. Untuk contoh kali ini kami menggunakn format *txt.

Membuka AutoCAD Civil 3D

Tampilan Awal AutoCAD Civil 3D 2014

Langkah pertama tentu saja adalah membuka aplikasi AutoCAD Civil 3D yang sudah terinstal pada komputer kita. Jika baru saja menginstal dan membuka pertama kali AutoCAD Civil 3D, tentu tampilan awal tidak akan seperti gambar yang terlampir. Untuk merubah tampilannya menjadi seperti diatas adalah dengan mengklik icon workspace switching pada ujung kanan bawah yang berbentuk seperti ikon gir. Setelah itu klik pada opsi Civil 3D.

Workspace Swithing

Mengimport Point

Setelah merubah tampilan menjadi seperti gambar diatas, tentu akan memudahkan bagi para pembaca untuk mengikuti tutorial sederhana dari kami. Langkah selanjutnya adalah mulai mengimport point. Oh iya, sebelumnya persiapkan dulu data topografi yang akan diimport. Dan sesuaikan formatnya, disini kami menggunakan file *txt dengan format PENZD. Dimana P berarti Point atau Number Point. Kemudian E berarti adalah Koordinat Easting. N adalah Koordinat Northing. Z adalah Nilai Elevasi dan D adalah Description atau deskripsi dari titik kita. Format ini bukanlah format baku, silakan para pembaca menyesuaikan dengan format masing-masing.

Contoh Point dalam bentuk txt

Jika sudah benar format data topografinya, langkah selanjutnya adalah memasukkan data tersebut ke dalam AutoCAD Civil 3D. Langkahnya adalah sebagai berikut.

Masuk ke menu toolbar di bagian atas – pilih Modify – pilih Point.

Modify – Points

 

 

Import Points

Kemudian akan keluar menu seperti terlihat pada gambar. Pilih opsi Import Point. Kemudian akan keluar lagi jendela baru dimana kita diharuskan untuk memilih file yang akan kita import dan menyesuaikan formatnya. Karena tadi kita sudah mengatur sedemikian rupa sehingga file yang akan kita import adalah dalam bentuk *txt dan format PNEZD maka kita tinggal menyesuaikan format tersebut pada AutoCAD.

 

add files

Klik tanda Plus atau Add Files pada bagian kanan jendela baru tadi. Kemudian akan keluar window box baru yang mana kita diharuskan memilih source file dari data topografi yang akan kita import. Cari data yang dimaksud kemudian klik Open pada ujung kanan bawah jendela tersebut.

Points Imported

Selanjutnya kita akan kembali ke kotak dialog sebelumnya. Perhatikan, pada kotak dialog yang sekarang sudah ada file dengan tanda centang hijau. Apabila terdapat file dengan tanda silang merah, berarti file tersebut tidak bisa diimport ke dalam AutoCAD Civil 3D. Problemnya biasanya disebabkan karena format yang kurang tepat atau ketika kita melakukan proses import ini, file tersebut masih terbuka. Coba tutup file tersebut dan ulangi langkah mulai dari add files.

Pada menu specify point file format, sesuaikan format dengan data topografi kita. Karena tadi kita sudah menyiapkan data berformat PNEZD, maka pilihlah opsi tersebut. Klik OK.

Specify File Point Format

Jika pada layar tidak menampilkan apa-apa. Coba zoom extents dengan cara ketik Z pada command di bawah kemudian pilih Zoom. Setelah itu akan keluar opsi beberapa tipe zoom, pilihlah yang Extents. Maka point yang tadi sudah kita import akan keluar pada jendela AutoCAD Civil 3D kita.

Zoom

Tampilan Points yang sudah berhasil diimport

Begitulah cara untuk mengimport point dari data survey topografi menggunakan AutoCAD Civil 3D. Cukup mudah dan sederhana. Jika ada pertanyaan, kritik, ataupun saran silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Kami juga menerima jasa pengukuran dan pemetaan untuk seluruh wilayah Indonesia, silakan menuju halaman utama untuk informasi lebih lanjut. Simak terus jasaukurtanah.com untuk mendapatkan informasi-informasi terkini serta lanjutan dari tutorial AutoCAD Civil 3D ini. Lanjutan dari artikel ini >> membuat surface dan kontur pada autocad civil 3d

(Visited 384 times, 1 visits today)

One thought on “Tutorial AutoCAD Civil 3D – Mengimport Point dari Data Survey Topografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *