Berkenalan dengan AutoCAD Civil 3D

Selamat datang di jasaukurtanah.com. Kali ini kami akan sedikit mengulas tentang AutoCAD Civil 3D khususnya kaitannya dengan Survey dan Pemetaan. Kita mulai saja, pertama-tama perkenalkan dulu, jasaukurtanah.com adalah sebuah portal website yang dikelola oleh WGS-engineering dimana merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengukuran dan jasa pemetaan. Di portal ini juga diulas berbagai tips dan trik serta berbagai informasi yang masih berhubungan dengan pengukuran dan pemetaan.

INTRODUCE

AutoCAD Civil 3D adalah sebuah lini produk yang dikembangkan oleh AutoDesk, Inc dimana perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di California dan didirikan pada sekitar tahun 1992 oleh John Walker dan Dan Drake. Salah satu produk yang diunggulkan oleh AutoDesk adalah AutoCAD. Yang mana AutoCAD sendiri memiliki banyak varian bergantung pada fungsi dan kegunaannya. Untuk di bidang Survey dan Pemetaan, varian yang lazim digunakan adalah AutoCAD Civil 3D dan atau AutoCAD Map 3D.

SEJARAH AWAL AutoCAD Civil 3D

Sebelum diberikan nama AutoCAD Civil 3D, varian ini dulu namanya adalah AutoCAD Land Desktop Development. Sehingga bagi yang sebelumnya sudah terbiasa dengan AutoCAD Land Desktop tentu bukanlah sesuatu yang sulit untuk bekerja menggunakan AutoCAD Civil 3D yang membawa banyak pembaharuan.

INSTALASI AUTOCAD CIVIL 3D

Sebelum berbicara lebih jauh tentang AutoCAD Civil 3D, alangkah baiknya kita mulai membahas dari minimum requirements yang diperlukan untuk proses instalasi perangkat lunak ini. Dalam artikel ini kami menggunakan AutoCAD Civil 3D untuk versi 2014. Adapun minimum requirements untuk instalasi AutoCAD Civil 3D versi 2014 ini adalah sebagai berikut.

Sistem Operasi

AutoCAD Civil 3D hanya support untuk perangkat keras dengan sistem operasi Windows. Memang AutoDesk juga memproduksi AutoCAD untuk sistem operasi lain seperti Macintosh. Akan tetapi untuk varian AutoCAD Civil 3D, sampai artikel ini ditulis kami tidak satupun menemukan link atau rujukan untuk instalasi AutoCAD Civil 3D untuk sistem operasi Non-Windows.

AutoCAD Civil 3D versi 2014 ini juga hanya support untuk versi 64 bit. Dikarenakan dibutuhkan Random Access Memory yang cukup besar dan tentu saja tidak mendukung untuk versi 32 bit. Jika dari salah satu pembaca masih berkutat dan enggap mengupgrade computer 32 bit nya menjadi 64 bit, tenang saja, AutoDesk masih menyisakan AutoCAD Civil 3D versi 2013 yang masih memberikan dukungan untuk perangkat 32 bit. Tidak begitu ditemukan perbedaan yang mendasar pada kedua varian AutoCAD Civil 3D ini.

AutoCAD Civil 3D juga hanya support untuk Windows 7 ke atas. Dan tentu tidak jadi masalah bagi kalian yang sudah terlanjur menginstal sistem operasi terbaru asalkan masih dalam sistem operasi Windows.

Random Access Memory (RAM)

Perangkat lunak ini juga membutuhkan Random Access Memory (RAM) minimal 4GB. Akan tetapi ketika kami mencoba mengaksesnya menggunakan RAM 4GB hal tersebut akan sedikit memunculkan permasalahan terutama ketika buka tutup aplikasi. Adapun RAM yang disarankan untuk instalasi AutoCAD Civil 3D versi 2014 ini adalah sebesar 8GB. Perangkat ini juga setidaknya memerlukan ruang kosong atau free space sebesar 12 GB. Jadi jangan lupa untuk menyisihkan setidaknya 12GB untuk instalasi AutoCAD Civil 3D tahun 2014 ini.

Grafis

AutoCAD civil 3D 2014 juga membutuhkan setidaknya Processor AMD Athlon™ 64 processor with SSE2 technology, AMD Opteron™ processor with SSE2 technology, Intel® Xeon processor with Intel EM64T support and SSE2, or Intel® Pentium® 4 processor with Intel EM64T support and SSE2 technology. Yang tentu saja untuk era sekarang processor seperti ini sudah boleh dibilang uzur dan berarti AutoCAD Civil 3D tidak memerlukan perangkat dengan processor yang terbilang tinggi untuk menjalakannya.

Untuk versi lengkapnya terkait dengan minimum requirements AutoCAD Civil 3D 2014 juga bisa dilihat pada situs AutoDesk berikut ini. Untuk versi selengkapnya, dari tahun 2008 sampai tahun 2017 juga bisa dilihat pada tautan berikut ini.

Baca Juga :

  1. Pengenalan Awal GNSS/GPS Geodetic
  2. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Ketetilian Pengukuran GPS
  3. Mengenal Fotogrametri, Sebuah Metode dalam Survey dan Pemetaan
  4. Mengenal Terrestrial Laser Scanner, Sebuah Inovasi Teknologi Survey Pemetaan

DOWNLOAD dan INSTALASI

Untuk mendownload perangkat lunak ini kita bisa menuju link dari AutoDesk berikut ini. Akan tetapi untuk tahap permulaan hanya diberikan free trial selama 30 hari. Setelah itu kita diwajibkan untuk membeli lisensinya dari AutoDesk yang bisa kita dapatkan di situs resminya. Sebuah selingan sebentar, disini kami tidak akan memberikan link untuk download AutoCad Civil 3D Full Versions karena hal tersebut merupakan sebuah pelanggaran terhadap hukum. Jika ingin mendapatkan status full versions kita bisa memanfaatkan AutoCAD Civil 3D untuk Student Version dimana kita bisa mendapatkan akses full versions secara legal dan aman selama 3 tahun.

Demikian pengenalan awal tentang AutoCAD Civil 3D ini. Untuk tutorial selengkapnya akan kami update dalam postingan selanjutnya. Jika berkenan silakan tinggalkan kritik dan saran pada kolom komentar. Dan apabila membutuhkan jasa pengukuran dan jasa pemetan bisa menghubungi kami melalui halaman yang sudah tersedia. Sekian dari kami dan sampai berjumpa lagi di postingan selanjutnya.

 

(Visited 997 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *