March 1, 2016

Jasa Pengukuran GPS Geodetic / GNSS

Jasa Pengukuran GPS Geodetic – Penamaan pengamatan GPS sendiri sebenarnya merupakan akronim dari penamaan yang sebenernya yaitu GNSS yang merupakan singkatan dari Global Network Sattelite Systems, karena GPS adalah salah satu sistem satelit yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

Sedangkan dalam praktiknya di lapangan tidak melulu hanya menggunakan satelit dari GPS sendiri melainkan juga memanfaatkan satelit dari GLONASS, Beidou, Galileo, dsb.

Untuk lebih detail mengenai apa itu GNSS dan bagaimana cara kerjanya, anda dapat menuju tautan berikut 

Di halaman di atas sudah cukup dijelaskan tentang GNSS dan seluk beluknya

Mengapa Perlu Menggunakan Pengamatan dengan GPS Geodetic

Dalam aplikasinya di dunia survey dan pemetaan, pengukuran menggunakan GPS Geodetic memiliki nilai lebih dibandingkan metode menggunakan alat ukur konvensional, diantaranya

  1. Efisensi waktu dan tenaga, penggunaan GPS Geodetic tidak perlu memerlukan tenaga setbanyak jika menggunakan metode konvensional seperti penggunaan Total Station. Selain itu waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat dan jika dengan menggunakan metode tertentu hasil yang didapatkan jauh lebih teliti dibandingkan metode konvensional.
  2. Mudah dipelajari; penggunaan GPS Geodetic sendiri sangat mudah untuk dipelajari bahkan untuk pengguna yang tidak memiliki latar belakang keilmuan Geodesi-Geomatika.
  3. Hasil yang lebih akurat dan cepat; dalam penggunaannya GPS Geodetic memiliki beberapa metode tergantung kebutuhannya. Untuk mendapatkakan koordinat yang teliti (sampai tingkat orde 0) bisa menggunakan metode pengamatan Statik. Sedangkan untuk penggunaan di bidang pengukuran detail dan situasi bisa menggunakan metode Real Time Kinematik.
  4. Tidak tergantung waktu; GPS dapat digunakan baik pada siang hari maupun pada malam hari dalam kondisi cuaca yang buruk seperti hujan dan kabut.
Gambar 1. Contoh Akuisisi Data Menggunakan GPS Geodetic

Beberapa Pemanfaatan GPS Geodetic dalam Berbagai Bidang

Untuk pemanfaatannya pengamatan GPS Geodetic sendiri dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, diantaranya:

  1. Pengukuran Detail dan Situasi / Topography
  2. Penentuan Volume suatu area/wilayah
  3. Penentuan posisi Titik Kontrol atau Bench Mark, pengukuran BM (benchmark) dan GCP (ground control point)
  4. Akuisisi Data untuk Ijin Usaha Pertambangan (IUP)
  5. dan lain sebagainya

Sesuai dengan tagline kami, Memberikan Yang Terbaik – Menyelesaikan Dengan Sempurna, kami akan dengan senang hati untuk membantu Anda dan akan memberikan yang terbaik untuk kepuasan Anda

Apabila Anda membutuhkan jasa pengukuran GPS Geodetic, silakan hubungi kami melalui contact person yang terlampir di bawah.

Email :
admin@jasaukurtanah.com
geodesi.indonesia@gmail.com

Telf :
(0274) 772 1869
0813 – 4410 -4546
WA/Text : 0813 – 4410 -4546

Atau dengan menggunakan tautan di bawah untuk mengubungi kami langsung via Whatsapp

(Visited 2,770 times, 1 visits today)
× Hubungi kami via Whatsapp