FR : Pengukuran Topografi Untuk Rencana Rekonstruksi Tambak Ikan Di Yogyakarta

jasaukurtanah.comPada bulan September tahun 2020, tepatnya di tanggal 21 tim dari jasaukurtanah.com mendapatkan sebuah amanah untuk menangani pekerjaan pengukuran topografi di sebuah kawasan tambak ikan di Yogyakarta. Lebih tepatnya di Desa Sokowaten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gambar 1. Area yang dipetakan. Sebagian besar berupa kolam ikan

Area yang dipetakan pada pekerjaan pengukuran topografi ini berkisar 1.700 M2 kurang lebih. Dengan kondisi sebagian besar berada pada area yang terbuka.

Berada tidak jauh dari pemukiman warga dan dekat dengan jalan raya Ringroad Selatan Yogyakarta membuat akses masuk ke area lahan pada pekerjaan pengukuran topografi ini terbilang tidaklah sulit. Di sebelah utara lahan yang nantinya akan dipetakan berbatasan langsung dengan area persawahan dan komplek perumahan warga. Sementara pada bagian selatan area lahan pada pekerjaan pengukuran topografi ini berbatasan langsung dengan komplek perumahan juga. Di bagian timur terdapat saluran air yang masih mengalir yang menjadi pembatas atau pemisah antara lahan yang diukur dengan jalan kampung. Sementara di sebelah barat berbatasan langsung dengan area persawahan dan sedikit area lahan kosong milik desa.

Gambar 2. Saluran irigasi/selokan pada sebelah timur area pengukuran topografi

Lahan yang dipetakan pada pekerjaan pengukuran topografi kali ini sebagian besar merupakan kolam ikan yang masih berfungsi. Total ada sekitar 6 kolam ikan yang berada pada kawasan ini. Dengan adanya pengukuran topografi pada kawasan ini diharapkan nanti data atau hasil dari pengukuran dapat dijadikan sebagai acuan untuk perencanaan ke depannya seperti apa.

Pengukuran topografi pada kawasan tambak ikan ini dimulai sekitar pukul 13.00 Waktu Indonesia Barat. Cukup siang karena menunggu perangkat desa setempat terlebih dahulu untuk menunjukkan patok atau batas dari lahan yang akan diukur tersebut.

Sebelum dilakukan pengukuran topografi tentu saja orientasi lapangan perlu dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi medan serta mengetahui batas-batas yang akan dipetakan. Penentuan titik tempat berdiri alat serta metode yang akan digunakan juga membutuhkan orientasi lapangan terlebih dahulu.

Gambar 3. Orientasi lapangan sebelum dilakukan pengukuran topografi

Dengan memulai pengukuran dari arah jalan kampung melintasi saluran air dan berakhir di sebelah barat area lahan, akuisisi data pada pengukuran topografi kali ini berlangsung tidak terlalu lama. Mengingat area yang terbuka dan tidak terlalu luas, tim jasaukurtanah.com berhasil menyelesaikan proses akuisisi data pengukuran topografi pada sekitar pukul 17.00 WIB.

Gambar 4. Pengambilan data topografi di dalam kolam

Jumlah titik sample yang diambil pun perlu sedikit lebih banyak dari pengukuran topografi pada umumnya mengingat kondisi tanah yang dipetakan tersebut sebagian besar merupakan kolam dan tentu saja sebagai sebuah tim pengukuran topografi yang profesional detail sebuah topografi sekecil apapun akan kami usahakan untuk tidak terlewatkan. Meskipun harus masuk dan basah-basahan di area kolam ikan. Karena data pengukuran topografi pada area tersebut merupakan point terpenting sehingga nantinya hasil dari pengukuran topografi ini mampu menyajikan data yang benar-benar mewakili keadaan sebenarnya di lapangan.

Gambar 5. Pengukuran Topografi untuk area jalan kampung

Pekerjaan pengukuran topografi kali ini tim kami menerjunkan 5 orang personil di lapangan diantaranya

  • Team Leader. Banu Indra Setyawan, S.T.,
  • Surveyor. Avian Yulianto, A.Md.
  • Asisten Surveyor 1 orang
  • Helper Survey 2 orang

Sementara alat yang digunakan pada pekerjaan pengukuran topografi ini adalah satu set total station Spectra dengan tolerasi ketelitian 5″. Dan data pengukuran topografi diproses menggunakan perangkat lunak AutoCAD Civil 3D 2018.

Gambar 5. Total Station yang digunakan pada saat pengukuran topografi

Pekerjaan Pengukuran topografi ini kami dari jasaukurtanah.com bermitra dengan PT. Desain Revolusi Indonesia (DELUTION) selaku arsitek dan pihak perencana. Bagi anda yang membutuhkan jasa pengukuran topografi dari kami silakan menghubungi melalui contact person yang sudah kami sediakan. Seperti slogan kebanggan kami “Memberikan Yang Terbaik. Menyelesaikan Dengan Sempurna”, akan kami berikan pelayanan maksimal untuk Anda.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Hubungi kami via Whatsapp