Peran Surveyor Pengukuran di Dunia Properti dan Developer

Dear para pengunjung jasaukurtanah.com, kali ini kami akan membahas mengenai apa saja peranan seorang Surveyor di pekerjaan Properti dan Developer. Bagaimana pesan dan kesannya ketika seorang Surveyor menginjakkan kakinya di bidang pembangunan perumahan misalnya. Berikut akan diceritakan lebih lanjut bersama salah satu narasumber kita yang sudah berpengalaman di bidang tersebut, Andhika Wahyu Pratama.

Peran Surveyor Di Bidang Properti Secara Umum

Peran surveyor sendiri sangat kompleks di segala macam bidang. Salah satunya di bidang pengembangan perumahan. Bagaimana suatu bangunan bisa siku 90 derajat, kemudian penentuan as kolom-kolom, elevasi, marking posisi bowplank, dan masih banyak tentu saja. Belum lagi jika sampai pada tahap pemrosesan data, pembuatan site plan, penentuan volume yang diperlukan untuk meratakan suatu permukaan tanah, dan lain sebagainya. Tentu saja ini semua merupakan bagian penting dari tugas seorang Surveyor di lapangan.

Andhika dan rekannya ketika melakukan pekerjaan pengukuran

Andhika dan rekannya ketika melakukan pekerjaan pengukuran

Tak bisa dipungkiri, perananan Surveyor di pekerjaan seperti ini juga tak kalah pentingnya dibanding bagian lain. Dikarenakan perananannya yang sangat vital inilah, kerjasama dengan divisi lain juga sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan suatu pekerjaan. Seperti menginstruksikan pengawas lapangan serta bertanggung jawab penuh atas tindakannya tersebut. Bagi divisi lain memang keputusan yang diambil Surveyor tersebut sangat menentukan langkah yang mereka lakukan kedepannya. Apabila terjadi perubahan gambar yang mendadak dari bagian perencanaan, sedangkan kondisi di lapangan sudah terbangun maka Surveyor yang mengetahuinya wajib memberikan data yang sudah terbangun tersebut untuk diserahkan pada bagian perencanaan yang nantinya akan dibahas bersama untuk pengambilan keputusan terbaik.

 

 

 

Kegunaan Data Pengukuran dari Surveyor

Data hasil pengukuran dari Surveyor tidak hanya menentukan pada satu aspek pekerjaan saja, melainankan meliputi semua scoop pekerjaan. Dari proses perencanaan, proses pembangunan, hingga finishing memerlukan data hasil pengukuran ini. Di bagian perencanaan misalnya, hasil pengukuran akan berpengaruh terhadap estimasi budget yang akan dikeluarkan. Seperti penentuan volume cut and fill untuk mengetahui timbunan atau galian tanah yang diperlukan. Dari informasi luasan hasil pengukuran juga mempengaruhi di prediksi budgeting. Dikarenakan itu ketelitian dan valid nya data dari juru ukur disini sangat menentukan jalannya proyek. Ada kesalahan fatal sedikit saja bisa menyebabkan kesalahan pula di bidang yang lain.

Pada proses pembangunan pun juga demikian, salah penentuan pada titik awal bisa mempengaruhi ke semua sektor. Salah satu ada bangunan yang salah, bisa jadi akan mengakibatkan efek domino pada bangunan yang lain yang juga berhubungan seperti jalan, parkir, taman, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :

Surveyor merupakan suatu profesi yang membutuhkan keterampilan, penguasaan pekerjaan, serta mampu bekerja sama dengan segala bidang yang terkait dalam pekerjaan itu sendiri. Surveyor yang ahli dituntut untuk mampu menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi di lapangan yang berhubungan dengan pekerjaannya.Untuk Surveyor yang berpengalaman tinggi tentu memiliki keterampilan matematis dan komunikasi yang baik dengan divisi lainnya adalah hal yang hukumnya wajib.

Kesan dan Pesan dari Mas Andhika

Salah satu masukan dari Mas Andhika jika Anda tertarik dalam pekerjaan Surveyor Properti Anda harus sangat berpengetahuan tentang ilmu-ilmu tentang bangunan seperti rute air, penentuan titik elevasi atau ketinggian, perencanaan jalan, jembatan dan lain sebagainya. Kita juga harus mampu memanfaatkan instrumen yang diperlukan serta tidak ketinggalan terhadap perkembangan teknologi terbaru. Terlebih perkembangan alat ukur saat ini terbilang pesat. Dari alat ukur terestris seperti Total Station,Theodolite, Waterpass, dan Pita Ukur hingga menggunakan pemanfaatan fotogrametri seperti UAV untuk Survei dan Pemetaan. Pengguna jasa Surveyor biasanya mendahulukan pengalaman serta pemahaman mendalam mengenai keilmuan Geodesi. Bila kedua aspek ini surveyor memilikinya tidaklah sulit untuk melamar pekerjaan sebagai surveyor dalam suatu perusahaan dalam sub-bidang apapun.

Demikian tadi adalah sepenggal kisah serta kesan pesan dari Mas Andhika selama berkecimpung dalam dunia properti. Andhika sendiri saat ini disibukkan dengan pekerjaan sebagai seorang freelancer survey yang berhome base di Jawa Timur. Jangan lewatkan artikel menarik dari jasaukurtanah.com yang lainnya.

(Visited 685 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *