Peranan Seorang Surveyor Geodesi Dalam Mitigasi Bencana

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya di thread pengenalan awal Geodesi, bahwasanya peranan keilmuan Geodesi sendiri sangat banyak sekali dan bisa dikatakan bahwa semua yang membutuhkan informasi keruangan atau spasial disitulah seorang Surveyor Geodesi diperlukan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas salah satu peranan seorang Surveyor Geodesi dalam mitigasi bencana.

Apa itu Mitigasi Bencana?

Apa itu mitigasi bencana?
kemudian bagaimana bisa seorang Surveyor Geodesi mempunyai peranan yang besar dalam mitigasi bencana? kita simak bersama-sama. Sebelum melangkah lebih jauh kita coba cari tahu dulu definisi dari mitigasi bencana.

Mitigasi bencana adalah pencegahan bencana atau pengurangan dampak bahaya
dalam rangka meminimalkan jatuhnya korban jiwa, kerugian harta benda, rusaknya lingkungan maupun terganggunya roda perekonomian masyarakat.

Seperti yang kita tahu bahwasanya Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di muka bumi ini
kepulauan Indonesia sendiri merupakan pertemuan dari keempat lempeng.

Hal ini mengakibatkan di Indonesia banyak terdapat gunung berapi dan kawasan yang rawan bencana alam seperti gempa bumi.
Kondisi Geografis Indonesia yang demikian terbentuk akibat zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia


Source : wikipedia

Selain itu juga di Indonesia merupakan kawasan rawan banjir mengingat kurangnya tingkat resapan air di berbagai daerah.
Oleh karena itu, mitigasi bencana merupakan satu hal yang amat penting di negeri kita ini.

kelutkrb3d

Peranan Surveyor Geodesi dalam Mitigasi Bencana

Dalam tahapan identifikasi bencana, seorang ahli Geodesi dapat berperan dalam pengamatan gejala gejala awal.
Pengamatan yang dimaksud dapat berupa pengukuran dan pemetaan, serta pemantauan bencana di kawasan tersebut dengan menggunakan salah satu metode pengukuran yang sesuai serta analisis geospasialnya.

Dari hasil berbagai pengamatan tersebut seorang Surveyor Geodesi dapat mengenali karakteristik dari potensi bahaya serta dampaknya.
Kita ambil contoh untuk mitigasi bencana bumi.

Gempa bumi diyakini memiliki siklus per-ulangan atau dalam istilah asing dikenal dengan sebutan earthquake cycle.
Siklus per-ulangan gempa seperti ini menandakan bahwa gempa bumi yang pada masa sebelumnya pernah terjadi bisa saja akan berulang lagi di masa yang akan mendatang.


Jangan Lupa Baca Juga Peranan Lain dari Seorang Surveyor :


Kemudian dimana peranan Surveyor Geodesi?
Salah satu peranan seorang Geodet adalah analisis data spasialnya.
Salah bentuk analisis tahapan gempa bisa tandai dengan adanya deformasi atau pergerakan lempeng bumi dengan pola tertentu.

Deformasi atau pergerakan lempeng bumi ini bergeraknya sangat lambat sekali (0,5-6 cm/tahun) dan hanya bisa diamati menggunakan salah satu pengukuran metode ekstra terestris, yakni pengamatan GNSS atau istilah awam adalah pengamatan GPS.
Dengan teknik teknik tertentu dan analisis seorang Surveyor Geodesi, tentu saja data pergerakan tanah dan lempeng bumi bisa dipetakan sehingga akan sangat membantu sekali dalam proses mitigasi bencana.

Selain upaya mitigasi dengan cara membandingkan koordinat, nilai pergerakan dari data GPS juga bisa digunakan untuk menghitung nilai stress (tegangan) dan strain (regangan) pergerakan lempeng satu terhadap lempeng yang lain.
Nilai stress dan strain ini juga bisa digunakan dalam upaya mitigasi bencana gempa bumi.



Gambar dibawah ini adalah contoh Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah untuk wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul


Source : ESDM

Pembuatan peta tematik untuk analisis rawan bencana juga merupakan salah satu ranah seorang Surveyor disini.
Dimana dari peta ini sendiri akan sangat memudahkan bagi masyarakat untuk mengetahui cakupan-cakupan area mana yang masuk ring tertentu daerah rawan bencana.
Ini merupakan salah satu pemanfaatan keilmuan geodesi di bidang analisis geospasial menggunakan sistem informasi geografis.

Nah, demikian tadi merupakan sekilas info terkait peranan seorang Surveyor Geodesi dalam mitigasi bencana.
Yang mana secara garis besar seorang Surveyor Geodesi memegang peranan penting dalam upaya pencegahan dan penanganan bencana terutama kaitannya dengan informasi keruangan atau informasi spasial.
Ada tambahan peranan lain seorang Surveyor terutama di bidang mitigasi bencana? bisa dituliskan di kolom komentar ya.

(Visited 1,169 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *